PENGERTIAN PENGETAHUAN
Menurut Davenport dan Prusak membedakan pengertian antara data, informasi dan pengetahuan.
- Data adalah seperangkat diskrit, fakta-fakta objektif tentang peristiwa.
- Informasi adalah sekumpulan data atau suatu wawasan/pandangan.
- Pengetahuan adalah cairan campuran frame pengalaman, nilai, kontekstual
informasi, dan ahli wawasan yang menyediakan kerangka untuk mengevaluasi dan
menggabungkan pengalaman baru dan informasi.
Dalam buku yang ditulis oleh Von Krogh, Ichiyo, serta Nonaka 2000,disampaikan
ringkasan gagasan yang mendasari pengertian mengenai pengetahuan:
ringkasan gagasan yang mendasari pengertian mengenai pengetahuan:
- Pemahaman atas suatu situasi baru dengan cara berpegang pada kepercayaan yang telah
dibenarkan. - Pengetahuan merupakan sesuatu yang eksplisit sekaligus terbatinkan (tacit).
Beberapa pengetahuan dapat dituliskan di kertas, diformulasikan dalam bentuk
kalimat-kalimat, atau diekspresikan dalam bentuk gambar. Namun ada pula
pengetahuan yang terkait erat dengan perasaan, keterampilan dan bentuk bahasa
utuh, persepsi pribadi, pengalaman fisik, petunjuk praktis (rule of thumb) dan
institusi. - Penciptaan pengetahuan secara efektif bergantung pada konteks yang
memungkinkan terjadinya penciptaan tersebut. Apa yang dimaksud dengan
konteks yang memungkinkan terjadinya penciptaan pengetahuan adalah ruang
bersama yang dapat memicu hubungan-hubungan yang muncul. Dalam konteks
organisional, bisa berupa fisik, maya, mental atau ketiganya. Pengetahuan bersifat
dinamis, relasional dan berdasarkan tindakan manusia, jadi pengetahuan berbeda
dengan data dan informasi, bergantung pada konteksnya. - Penciptaan pengetahuan melibatkan lima langkah utama, Von Krogh, Ichiyo
serta Nonaka (2000) bahwa penciptaan pengetahuan organisasional terdiri dari
lima langkah utama yaitu:
1. berbagi pengetahuan terbatinkan;
2. menciptakan konsep;
3. membenarkan konsep;
4. membangun prototype; dan
5. melakukan penyebaran pengetahuan di berbagai fungsi dan tingkat
di organisasi.
Untuk lebih lengkapnya klik disini
No comments:
Post a Comment